Jumat, 22 Juni 2018

Cara Mengemudi Mobil Manual Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara Mengemudi Mobil Manual – Hallo sahabat wuling dimanapun berada. Mobil adalah sebuah transportrasi darat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebab mobil bisa mengantar seseorang dari tempat A ke tempat B, atau dari kota A menuju ke kota B. Bagi saudara yang belum bisa mengemudi mobil, baik mobil manual, hingga mobil yang bertransmisi matic. Maka, sebaiknya saudara belajar, supaya saudara bisa mengemudi mobil dengan baik dan benar.


Cara Mengemudi Mobil Manual


Belajar mobil, baik manual dan matic, semua memiliki kesulitan masing-masing. Namun, dalam kesempatan ini, admin tidak membahas bagaimana cara mengendarai mobil matic, sebab, cara mengendarai mobil matic sudah admin bahas sebelumnya. Untuk pertemuan ini, admin akan membahas bagaimana cara mengemudi mobil manual yang dapat anda praktekan sendiri, dan jangan lupa, harus didampingi seseorang yang ahli.

Sebelum saudara belajar mengemudi mobil manual, maka, alangkah baiknya saudara mengetahui akan poin utama yang berada pada mobil manual. Untuk poin tersebut adalah mobil manual pasti memiliki pedal kopling, pedal gas, pedal rem, serta tuas transmisi manual 6 percepatan. Untuk posis pedal itu ada dibawah setir, serta memiliki letak pada bagian kaki kiri adalah pedal kopling. Sedangkan untuk pedal rem ada diposisi tengah, serta pedal gas ada dibagian posis paling kanan. Untuk pedal gas serta pedal rem sepenuhnya dikendalikan oleh kaki kanan.

Untuk tombol lampu sein, lampu depan, lampu belakang, wipper, lampu hazard, semuanya ada di area dasboard pengemudi, semua itu tergantung sama jenis, serta merk mobil masing-masing. Untuk belajar mobil manual, itu sistemnya sama persis seperti belajar motor manual yang memiliki kompling manual di setang. Kalau motor, semua dikendalikan oleh tangan, kaki, alias hampir semua badan mengendalikan. Akan tetapi, kalau mobil manual ini kebalikannya, sebab, kaki berperan penuh dalam mengendalikan mobil untuk bergerak. Namun, tetap tidak admin pungkiri, anggota badan yang lain juga terlibat.

Untuk mobil manual, ini memiliki tuas perpindahahan gigi yang memiliki kode N, 1,2,3,4,5, serta R. Jika gigi N ini memiliki kegunaan untuk berhenti netral dan mesin mobil mau dimatikan. Gigi 1 untuk kecepatan rendah, untuk jalan yang menanjak sangat ekstrim dan turunan ekstrim. Untuk gigi 2 untuk melaju lebih cepat dari gigi 1, begitu juga gigi 3,4,5. Sedangkan untuk gigi R, ini memiliki kegunaan untuk melaju mundur. Sebelum saudara belajar mobil manual, maka, carilah lokasi yang lapang, aman, serta didampingi oleh seseorang yang ahli dalam mengemudi mobil.

Cara Mengemudi Mobil Manual Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara yang pertama

Untuk langkah yang pertama, pastikannlah mobil dalam keadan tuas perpindahaan gigi pada posisi gigi N. Kemudian hidupkan mesin mobil, serta pastikan terlebih dahulu mobil dalam keadaan direm, entah direm menggunakan hand rem, atau rem kaki.

Cara yang kedua

Untuk langkah yang selanjutnya adalah anda menunggu mesin menyala sampai mendapatkan suhu yang diinginkan mobil, kira-kira 1 sd 5 menit. Kemudian injak kompling dengan penuh, lalu masukkannlah ke gigi 1. Setelah sudah masuk gigi 1, lalu turunlah tuas hand rem atau rem tangan secara pelan-pelan, lalu, lepaskan pedal kompling dengan pelan-pelan sampai ada getaran dari mesin terasa, lalu, injaklah pedal gas dengan pelan-pelan.

Cara yang ketiga


Untuk cara selanjutnya adalah apabila saudara ingin melaju lebih cepat dari gigi 1. Maka, injaklah pedal kompling secara penuh, dan masukkan gigi berikutnya, yakni gigi 2. Setelah masuk gigi 2, maka, lepaskanlah kompling secara cepat serta rasakan getaran mobil, dan dengan diimbangi menginjak pedal gas. Apabila anda mau menambah kecepatan lagi, lakukanlah langkah seperti yang tadi, dengan memasukkan ke gigi merikutnya, yakni gigi 3, terus gigi 4, terus gigi 5.

Cara yang keempat

Apabila anda menemui jalanan yang menanjak dengan tanjakan yang tinggi. Maka, pergunakanlah gigi 1, atau gigi 2, dan jika sangat ekstrim tanjakannya. Maka, sebaiknya hanya gigi 1 saja. Ini juga dapat saudara gunakan untuk jalanan yang menurun dengan sangat curam, sehingga, saudara mendapatkan enggin brake dengan baik.

Cara yang kelima

Apabila saudara ingin melaju dengan sangat kencang. Maka, lakukanlah perpindahan gigi secara berurutan. Mulai dari gigi 1, lalu gigi 2, lalu gigi 3, lalu gigi 4, lalu gigi 5. Dan jika anda ingin berjalan mundur, maka, gunanlah gigi R.

Untuk mengetahui pas atau tidaknya jalan mobil yang saudara kendarai. Maka, lihatlah spion kiri dan spion kanan, serta marka jalan tersebut. Pastikan posisi mobil jika dilihat dari spion kiri memiliki jarak 35 cm sd 45 cm, atau sesuai dengan kebutuhan pengemudi. Sedangkan untuk posisi mobil kalau dilihat dari spion kanan, maka, lurus disamping kiri marka jalan tengah.

Baca juga

Simak video cara mengemudi mobil manual untuk pemula berikut :


Demikian sekilas informasi mengenai Cara Mengemudi Mobil Manual yang dapat admin suguhkan untuk sahabat wuling yang berada dimanapun saudara berada. Sembelum saudara belajar mobil manual, maka, pastikan saudara didampingi sama seseorang yang ahli, serta jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar tetap selamat. Apabila saudara ingin memiliki mobil yang bertransmisi manual, serta berkualitas, maka, segeralah anda membeli mobil wuling dari Dieler kami.

Dealer mobil wuling jakarta

ARISTA WULING KAPUK JAKARTA
Sales – Service – Spare Part
Lingkar Luar Barat No. 129,
Cengkareng Timur, Cengkareng,
Jakarta Barat.
DKI JAKARTA
Telp : 0813-1778-0555
 
Hubungi Kami
CHANDRA
Sales Executive
Jabodetabek
Booking Service  : 0813-1778-0555
Telp : 0813-1778-0555
Whatsapp : 0813-1778-0555
Salam otomotif – Dealer Wuling Jakarta



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon